Etika Bisnis (Tugas 2)

Nama : Khusniana Pratiwi

NPM : 11209142

Kelas : 4EA14

Dalam tugas softskill kedua ini penulis diumpamakan sebagai Manajer Platinoem Band. Jika penulis diumpamakan sebagai Manajer band tersebut, “Apa yang harus manajer lakukan untuk mengembangkan karier Platinoem Band sesuai dengan etika bisnis, baik kaitannya dengan lagu ciptaan sendiri maupun ciptaan orang lain?”

Sebelum membahas hal di atas, penulis akan menganalisis 4 (empat) video yang telah diberikan oleh Bapak Dosen Etika Bisnis. Di bawah ini adalah profil Platinoem Band.

Platinoem Band berformasikan 5 mahasiswa yang berprestasi di bidang akademisi yang mendapatkan beasiswa penuh dari salah satu Universitas Swasta terkemuka. Mereka adalah Donny (Drums) , Sam (Lead & Layer Vocal), Candra (Bass & Backing Vocal), Mocek (Electric Guitar & Backing Vocal) dan Angga (Acoustic & Electric Guitar, Backing Vocal). Sungguh hal yang sangat unik serta penuh keberuntungan yang sangat luar biasa bagi para personil Platinoem yang tak hanya beasiswa yang diraih, ternyata juga mendapatkan dukungan penuh dari kampusnya dalam hal bermusik hingga mewujudkan mimpi kebanyakkan para musisi untuk melahirkan sebuah karya album.

Terbukti dengan dirilisnya album bertajuk self-tittled: Platinoem. Bukan cuma itu keberuntungan personil Platinoem. Keberuntungan sepertinya datang bertubi-tubi. Tak disangka Yovie Widianto, seorang penata musik handal tanah air tertarik untuk bekerjasama. Platinoem kemudian dirancang menjadi sebuah proyek besar yang melibatkan Yovie Widianto Music Factory, KAIn entertainment dan Sony Music Indonesia dengan menawarkan terobosan baru.

Kalau biasanya sebuah band lazimnya menampilkan kolaborasi dengan penyanyi atau musisi bintang tamu di albumnya, maka konsep dari Platinoem Band ini adalah featuring aranjer sebagai bintang tamu di dalam albumnya, Sebut saja Yovie Widianto yang didaulat menjadi aranjer bintang tamu yang juga mempercayakan 2 buah karya ciptanya untuk di re-arrangement dan dibawakan oleh Platinoem Band, aranjer lain yang menjadi bintang tamu di album Platinoem adalah Diat (Yovie&Nuno), Aria Baron (Baron’Soulmates), Ronald (ex.Drummer GIGI, DR.PM), Dody Is (Kahitna), dan masih banyak musisi yang terlibat di album Platinoem ini. Kesepemahaman akan bermusik yang memperhatikan kualitas rekaman dan standarisasi produksi album yang baik serta berusaha untuk tidak terbawa arus pasar yang seakan-akan sedang didominasi oleh para band dan lagu-lagu yang ber-genre pop melayu, Platinoem Band tetap mengusung warna musik pop progresif yang menarik untuk didengarkan oleh para pecinta musik dan semoga dapat turut serta mewarnai blantika musik tanah air Indonesia tercinta.

Sebagai debut single di album ini, Platinoem Band dan Yovie sepakat mendaulat lagu lawas karya Yovie Widianto sendiri bertajuk “Bukan Untukmu“. Lagu ini pernah dipopulerkan oleh Rio Febrian sekitar tahun 2002. Yovie juga memberikan lagunya yang lain “Biarkanlah” untuk dibawakan Platinoem Band. Lagu ini merupakan daur ulang lagu Kahitna di album pertama tahun 1996.

  1. bukan untukku :  Watch “platinoem.mp4” on YouTube
  2. biarkanlah :  Watch “Platinoem Biarkanlah” on YouTube
  3. the winner :  Watch “PLATINOEM_the winner.mp4” on YouTube
  4. indah :  Watch “Platinoem ft Rindu AFI – Indah” on YouTube

Dari beberapa link video di atas, dapat diambil kesimpulan mengenai video tersebut.

Dari dua lagu ciptaan Yovie Widianto yang didaur ulang oleh Platinoem Band tidak menimbulkan masalah, karena sejak awal Yovie Widianto sudah bekerja sama dengan Platinoem Band. Yovie Widianto yang didaulat menjadi aranjer bintang tamu mempercayakan 2 buah karya ciptanya untuk di re-arrangement dan dibawakan oleh Platinoem Band.

Selanjutnya hal-hal yang dilakukan penulis jika menjadi manajer Platinoem Band :

  1. Membuat single sesuai dengan kondisi atau trend musik saat ini, tetapi tidak mengubah ciri khas musik Platinoem Band dengan tetap memperhatikan unsur etika agar tidak menimbulkan pro dan kontra. Dengan adanya single trend musik saat ini, akan meningkatkan popularitas dan chart musik di berbagai media.
  2. Mengadakan promo lagu ke universitas-universitas atau sekolah. Karena sasaran pasar musik utama yaitu mahasiswa dan pelajar sekolah. Strategi promo ini akan memberikan image atau membuat kecintaan terhadap merk yang disebut love mark.
  3. Membuat lagu yang bertema pahlawan atau hari-hari nasional Indonesia. Menurut saya lagu bertema pahlawan dan hari nasional akan terus diingat oleh pendengar dan akan selalu dipakai dalam hari nasional. Tema lagu tersebut akan membawa efek positif kepada kaum remaja yang mengingatkan dengan etika dan nasionalisme.
  4. Sering mengadakan acara live atau konser-konser ke berbagai daerah, hal ini akan  meningkatkan eksistensi dan mempertahankan kualitas suara atau musik dengan tidak lipsync.

sumber : http://www.platinoem.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s