Etika Bisnis Dalam Pasar Global

Dalam pasar global, banyak sekali yang harus diperhatikan sebelum memasarkan produk. Sebelum produk dibuat dan dipasarkan, para produsen harus terlebih dahulu melakukan riset dan menyesuaikan keaadaan pada setiap Negara yang akan dijadikan pangsa pasar. Dalam hal ini, faktor utama adalah budaya dan media dalam pemasaran global. Setiap Negara memiliki budaya, peraturan yang berbeda-beda, yang menimbulkan dampak pada kemampuan pemasar global dalam peluang pasar pada sebuah Negara.

Etika bisnis dalam pasar global antara lain :

  • Sesuaikan produk yang produsen buat dengan budaya dan peraturan masing-masing Negara
  • Pahami budaya atau kebiasaan dari masyarakat diberbagai Negara

  • Hargai budaya yang dimiliki masing-masing Negara
  • Buat media komunikasi pemasaran global yang inovatif sesuai dengan peraturan masing-masing Negara
  • Patuhi peraturan berdagang di setiap negara

Ketersediaan televisi, surat kabar, dan bentuk media elektronik serta media cetak yang lain bervariasi di seluruh dunia. Walaupun pasar di Negara-negara industri semakin mirip, situasi media tetap bervariasi amat besar. Peraturan menyangkut iklan bervariasi pada setiap Negara. Dalam etika berbisnis yang menyangkut media, ada beberapa contoh yang saya ambil dari Buku Warren J. Keegan.

Di Arab Saudi, semua periklanan harus melewati badan sensor, peraturan melarang daftar panjang subyek termasuk yang berikut ini.

  • Iklan horoskop atau buku ramalan, publikasi, atau majalah mengenai ramalan dilarang.
  • Hindari iklan yang menakutkan atau mengganggu anak-anak.
  • Hindari penggunaan pendahuluan untuk iklan, yang mungkin tampak seperti berita atau pernyataan resmi.
  • Penggunaan iklan yang membandingkan dilarang.
  • Wanita hanya boleh muncul dalam iklan dalam hubungan dengan kegiatan keluarga dan penampilan sikapnya harus yang memastikan sifat feminin.
  • Anak-anak wanita dibawah usia enam tahun boleh tampil dalam iklan asalkan peran mereka terbatas pada kegiatan anak-anak.
  • Seorang wanita harus mengenakan pakaian panjang yang sesuai, badannya tertutup kecuali wajah dan telapak tangan. Pakaian olahraga atau pakaian serupa tidak diperkenankan.

Dari beberapa hal di atas, sangat penting bagi produsen untuk teliti dan fokus dalam membuat produk dalam pasar global sesuai dengan etika bisnis. Sebelum memasuki pasar global, produsen haruslah menguasai dan memahami budaya pada pasar domestik. Riset dan informasi yang dilakukan dan didapat, guna untuk mencapai keberhasilan produsen dalam bisnis pasar global agar tidak mengalami kerugian dan protes dari pasar.

Advertisements

One comment on “Etika Bisnis Dalam Pasar Global

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s